Musik Ternyata Memengaruhi Kesehatan Mental Manusia

Musik Ternyata Memengaruhi Kesehatan Mental Manusia

Thiago Almeida – Musik telah ada selama berabad-abad dalam berbagai bentuk. Mulai dari musik klasik, jazz, hingga pop modern.┬áNamun, karena banyak orang mendengarkan musik setiap hari, mereka tidak sepenuhnya menyadari pengaruhnya terhadap mereka, meskipun mendengarkan untuk mengalihkan kita dari masalah, tugas penting, dan pekerjaan.

Musik selama ini membantu setiap manusia untuk mengekspresikan emosinya, tanpa menggunakan kata-kata sendiri. Misalnya, paparan lirik musik yang ceria dapat membantu seseorang yang sedang berjuang untuk mengatasi masalah dan stres yang mereka alami.

Mereka semua menyampaikan kualitas dan karakteristik emosi yang berbeda, jadi tidak mengherankan jika pendengar yang berbeda menyukai genre musik yang berbeda. Generasi yang lebih tua, guru dan orang tua sering mempertanyakan keinginan anak untuk mendengarkan genre musik tertentu, sambil membantu anak-anak lebih memahami diri mereka sendiri melalui seni mendengarkan.

Terapi musik juga sering dapat membantu orang mengatasi emosi yang telah mereka tahan untuk waktu yang lama. Musik mengandung aspek ritmis dan berulang, audio yang dimainkan melibatkan neokorteks otak kita yang menenangkan dan mengurangi ketegangan kita.

Neokorteks sangat penting untuk fungsi otak yang lebih tinggi seperti persepsi, manajemen pilihan, dan memori episodik. Bagi generasi muda, melodi dapat membantu seseorang untuk saling optimis dengan pemikiran yang konstruktif. Di sisi lain, jika kita tidak hati-hati, musik juga bisa mendorong anak muda ke jalan yang salah.

Musik yang buruk, atau musik yang tidak ideal untuk menjernihkan pola pikir kita, berpotensi membuat kita dalam keadaan depresi, perang, atau kecemasan. Untuk mengubah ini, psikolog atau terapis sering merekomendasikan musik atau melodi yang lebih mengalir yang sesuai dengan suasana hati kita.

Misalnya, ketika kita merasa aman, kita secara bertahap mengubah musik ke download lagu yang lebih produktif untuk mengubah keadaan pikiran kita dan menjadi lebih puas dan tidak terlalu terganggu.

Musiknya sangat struktural, matematis dan arsitektural. Ini didasarkan pada hubungan antara satu nada dan nada berikutnya. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi otak Anda harus melakukan banyak perhitungan untuk mengetahuinya.

Kesimpulannya, musik dapat memainkan peran penting dalam keputusan, rencana, dan kesejahteraan kita di masa depan.

Jika kita tidak menyadarinya sekarang, kemungkinan besar kita akan menghadapi kesulitan besar dalam mengatasi komplikasi pribadi kita. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui musik yang paling cocok untuk diri kita sendiri untuk mengalihkan pemikiran kita ke arah pandangan dan keadaan pikiran yang lebih positif.

Tidak semua orang bisa menikmati genre yang sama, namun, kita perlu menyadari seberapa besar genre yang kita dengarkan juga berpengaruh pada kesehatan mental kita. Dan kita juga harus terus lebih memperhatikannya untuk menjaga eksistensi dan kewarasan yang konstruktif bagi diri kita sendiri.